Sun. Sep 22nd, 2019

Siap-siap Ngiler, Inilah Jajanan Manis Khas Korea Selatan

Korea Selatan memang dikenal memiliki daya tarik yang kuat bagi para wisatawan mancanegara. Korea Selatan gak hanya terkenal dengan industri musiknya yang bikin anak muda tergila-gila. Negeri ginseng ini juga terkenal dengan kulinernya yang enak banget. Korea selatan memang kaya akan berbagai macam makananya mulai dari kimchi yang pedas hingga kue beras tteok yang legit.  Sebenarnya, banyak sekali jajanan manis khas Korea Selatan yang pastinya memiliki rasa yang lezat. Bagi anda pecinta hal-hal yang berbau Korea, tentu saja anda wajib tahu tentang Jajanan Manis Korea paling banyak dicari disana. Bentuk dan rasa yang disuguhkan selalu sukses membuat konsumen menjadi penasaran. Di bawah ini akan ada ulasan mengenai jajanan manis khas korea yang wajib kamu coba!

  1. BungeopangRelated image

Bungeoppang adalah kue yang berbentuk ikan yang juga mirip dengan kue “taiyaki” milik jepang. Jangan sampai salah kaprah yah? kue ini bukan kue yang terbuat dari ikan. Tapi kue yang dicetak berbentuk ikan yang adonannya mirip waffle yang berisi pasta kacang merah. Kue berbentuk ikan ini sangat khas Korea. Katanya bungeoppang ini dianggap dapat membawa keberuntungan bagi yang memakannya. Bungeoppang ini sering dijual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan di Korea selama musim dingin dan dijual dengan harga yang murah.  Ada pun varian rasa dari kue bungeoppang biasanya terdiri dari isi manis berupa kacang merah. Tidak jarang juga bungeoppang juga dikreasikan dengan ice cream dengan campuran berbagai macam wafer dan cookies.

  1. DelimanjooImage result for delimanjoo korea

Delimanjoo adalah kue jajanan khas Korea Selatan yang berisi custard atau vla keju. Makanan ringan ini dicetak unik berbentuk jagung mini. Di Korea, kue mungil ini telah menjadi cemilan wajib. Kue mini ini umumnya dihidangkan dengan aneka isian nikmat seperti selai stroberi, krim vanila, krim matcha atau cokelat. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang nikmat membuat kudapan satu ini banyak dicari wisatawan, dengan bentuk yang unik dan rasanya  yang  khas, karena keunikan rasa dan bentuknya yang khas Delimanjoo sering dipilih sebagai buah tangan saat bepergian . Sejak pertama kali diluncurkan pada 1998, kue dengan berat 0,4 ons per potong ini sudah menjadi buah bibir. Jika dilihat dari asal katanya, Delimajoo ini terdiri dari dua kata, yaitu, delicious yang berarti lezat, dan manjoo yaitu dim sum..

  1. KkultaraeImage result for kkultarae korea

Kkultarae yang dibaca ggool-ta-rae ini merupakan sajian manis yang dibuat dari madu yang sudah dipanaskan hingga 3 hari. Kkultarae adalah salah satu kudapan manis asal Insandong. Kalau dilihat-lihat makanan ini bentuknya mirip seperti pupa kepongpong  berwarna putih dan terbuat dari benang-benang halus. Pada awalnya kkultarae adalah makanan istana yang hanya dihidangkan untuk raja, akan tetapi seiring berkembangnya zaman maka kamu bisa menemukan kkultarae di toko pinggir jalan di Korea Selatan sebagai simbol kemakmuran, kesehatan, umur panjang, dan keberuntungan orang yang membelinya. Cara penjualannyapun unik, karena dibuat langsung di hadapan pembeli sambil dinyanyikan dengan gaya lucu. Kkultarae ini terbuat dari madu yang dikeraskan dan kemudian dicampur dengan tepung gandum dan dibuat dengan cara unik menggunakan tagan, dibentuk seperti benang-benang dan kemudian diisi dengan potongan kacang.

  1. HobakjukRelated image

Hobakjuk atau 호박죽 dalam Bahasa Korea merupakan hidangan yang terbuat penuh dari buah labu. 호박 (Hobak) sendiri dapat diartikan sebagai labu dan 죽 (Juk) memiliki arti bubur.  Teksturnya yang lembut dan manis membuat bubur ini disukai oleh para orang tua maupun pasien yang sedang sakit. Hobakjuk sering dikonsumsi sebagai makanan pembuka atau penutup. Orang Korea sendiri menyukainya sebagai salah satu makanan saat musim dingin. Hobakjuk yang memiliki kandungan karotin yang tinggi, lalu juga Vitamin A membuatnya seringkali disebut sebagai makanan musim dingin yang paling cocok. Menu hobakjuk ini biasa dimakan ketika pagi hari, karena rasanya yang manis kemudian dimakan selagi hangat akan menambah selera anda.

  1. HotteokImage result for hotteok korea

Hotteok adalah panekuk berisi pasta kacang, dijual sebagai makanan jajanan Korea Selatan. Kue ini digoreng dengan minyak yang cukup banyak, enak dimakan sewaktu masih hangat sehingga populer sebagai kudapan sewaktu musim dingin. Nama ho-tteok berasal dari kata ho (胡; suku bangsa di Cina Barat/Utara) dan tteok. Pembuatan hotteok ini terbilang cukup mudah karena hanya dibuat dari tepung terigu, tepung beras, dan tambahan gula, susu, dan ragi. Saat sudah menjadi bentuk adonan, kita bisa mengisinya dengan pasta kacang yang terbuat dari gula merah, madu, kacang tanah yang digiling, serta kayu maniskemudian digoreng di atas wajan panas. Satu potong hotteok biasanya dibanderol dengan harga 900 won, atau sekitar Rp 7.200. Jadi, saat berkunjung ke Korea terutama di musim dingin, pastikan kamu mencicipi jajanan populer yang satu ini ya.

  1. BbopkiImage result for bbopki korea

Bbopki adalah  permen tradisional Korea terbuat dari kramel yang berbahan gula pasir cair dipanaskan dan ditambah sedikit baking soda. Bbopki mirip dengan permen gulali warna-warni. Permen ini dibentuk dengan cetakan permen kemudian diberi tsuk bambu. Bbopki banyak dijual di jalan-jalan kota Korea. Yang unik adalah, jika anda bisa memakan permen ini sekalius tanpa merusaknya, anda akan mendapatkan satu Bbopki gratis. Sayangnya permen ini sangat renyah dan mudah patah. Jadi apakah anda tertarik mencoba tantangan tersebut?

Nah itu tadi sedikit ulasan kami tentang jajanan Korea paling banyak dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *