Sun. Sep 22nd, 2019

Fakta Menarik Bunga Sakura, Bunga Cantik yang dikenal Dari Jepang

Keindahan pohon sakura tidak semata-mata hanya untuk menghiasi taman dan jalanan saja, tapi juga bisa digunakan untuk kecantikan dan perasa makanan. Kedengarannya cukup menarik, ya. Selain memiliki penampilan yang indah, bunga sakura banyak diminati orang-orang karena berbagai fakta menarik yang terkandung di dalamnya, mulai dari filosofi kehidupan, perayaan tradisional, sampai sajian kuliner yang unik.  Salah satu tempat yang terkenal akan keindahan bunga sakuranya ialah Yoshino dan Kyoto, Jepang. Turis-turis membanjiri Jepang setiap musim semi untuk mencoba kegiatan yang telah dilakukan berabad-abad, yakni hanami atau “melihat bunga”. Selain Jepang negara lainnya yang menyediakan wisata pemandangan bunga sakura bermekaran adalah Korea Selatan. Pemandangan cantiknya bunga sakura, aroma manis dan segar dari bunga menambah indah waktu wisata Anda.  Mungkin sudah banyak orang yang tahu mengenai wujud bunga sakura, tetapi banyak sekali yang tidak tahu mengenai beberapa fakta unik dari bunga sakura. Berikut Ini fakta unik mengenai bunga sakura yang wajib anda ketahui.

  1. Nama Bunga SakuraImage result for bunga sakura

Sakura (桜, 櫻) bersama dengan bunga seruni, merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga akhir Juni. Bagi orang Jepang, sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Asal usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar”) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra”. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms. Beberapa warna bunga sakura diantaranya kuning muda, merah jambu, merah menyala dan hijau muda. Berdasarkan susunan daun mahkota, sakura dikategorikan menjadi (1) Bunga tunggal yang hanya memiliki daun mahkota satu lapis, (2) Bunga ganda yang memiliki daun mahkota beberapa lapis, (3) Bunga semi ganda.  Penamaan sakura juga sesuai dengan jumlah daun bunga, seperti misalnya jumlah daun bunganya ada 5, maka sakura tersebut dinamai dengan hitoe. Jika berjumlah 5-10, maka diberi nama hanyae. Jika lebih dari 10, maka dinamai Yae.

  1. Memiliki Banyak JenisImage result for jenis bunga sakura

Sebagian besar jenis pohon sakura merupakan hasil persilangan, misalnya jenis someiyoshino yang tersebar di seluruh Jepang sejak zaman Meiji adalah hasil persilangan pohon sakura di zaman Edo akhir. Pada zaman dulu sebelum ada jenis someiyoshino, orang Jepang mengenal bunga sakura yang mekar di pegunungan yang disebut yamazakura dan yaezaki no sakura sebagai sakura. Di saat mekarnya bunga sakura, ribuan batang pohon Yamazakura yang tumbuh di Pegunungan Yoshino (Prefektur Nara) menciptakan pemandangan menakjubkan warna putih, hijau muda, dan merah jambu. Berikut ini beberapa jenis sakura, yaitu Edohigan yang merupakan jenis sakura yang panjang umur. Hikanzakura disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Jenis ini tumbuh liar dan lebih banyak ditemukan di daerah Okinawa. Bagi orang yang tinggal di Okinawa, mereka lebih mengenal sakura dengan sebutan hikansakura. Shidarezakura Jenis ini merupakan bunga resmi daerah Kyoto. Maka dari itu, kamu akan lebih mudah menemukannya di daerah tersebut selama musim semi. Warna pink yang terpancar indah membuat nyaman ketika memandangnya dan Fuyuzakura Jenis yang tergolong ke dalam jenis “sakura musim dingin”, karena bunganya akan mekar pada bulan November hingga akhir bulan Desember. Onishimachi di Prefektur Gunma adalah tempat melihat fuyuzakura yang terkenal.

  1. Melambangkan Pembaharuan dan HarapanImage result for bunga  sakura melambangkan harapan

Bunga sakura kerap kali dijadikan sebagai lambang atau simbol harapan atau pembaruan. Terutama bagi masyarakat Jepang. Bunga sakura akan mekar selalu pada awal musim semi, karenanya sering dianggap bunga sakura sebagai lambing datangnya musim hangat. Tetapi, lebih dari itu bunga sakura juga melambangkan Pembaharuan dan Harapan. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita petik dari makna atau arti sesungguhnya dari bungaberwarna merah muda ini. Sejak awal keberadaannya di Jepang, bunga ini menjadikan negara tersebut lebih sejuk dan damai. Apalagi ketika bunganya mekar. Bunga sakura ini mengajarkan kepada manusia untuk hidup selalu bersyukur, bunga sakura menggambarkan jika di dalam kehidupan itu selalu ada senang dan sedih, ada hidup dan mati.

  1. Bukan Hanya Jepang yang PunyaImage result for bunga  sakura amerika

Meskipun lambang negara Jepang, tetapi Jepang bukan satu-satunya negara yang memiliki habitat cukup banyak pohon yang satu ini.  Selain Jepang negara lainnya yang menyediakan wisata pemandangan bunga sakura bermekaran adalah Korea Selatan. Pemandangan cantiknya bunga sakura, aroma manis dan segar dari bunga menambah indah waktu wisata Anda. Amerika Serikat merupakan negara lain dimana pohon Sakura banyak ditemukan, oleh karena itu bunga sakura juga menjadi simbol persahabatan Jepang-Amerika Serikat.

  1. Sakura Bisa dimakan dan diminumRelated image

Bukan hanya indah untuk dilihat, ternyata bunga ini juga dapat diseduh untuk dijadikan minuman dan juga dapat dinikmati sebagai makanan.  Baik bunga atau daunnya bisa dimakan. Tentu dengan melakukan pengolahan, di Jepang maupun Korea kita bisa menemukan berbagai macam jenis makanan yang menggunakan bunga sakura sebagai campurannya. Membutuhkan proses supaya bunga bisa dijadikan bahan makanan, proses itu bernama Shiozuke atau penggaraman. Hal yang menjadikan bunga ini dijadikan olahan makanan adalah karena memiliki bau yang harum. Bisa juga dijadikan bahan olahan kue kering atau dijadikan pembungkus kue mochi atau disebut dengan sakura mochi. Bunga sakura tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan saja, tetapi bunga sakura juga dapat dinikmati dengan cara diseduh. Layaknya seperti menyeduh teh, hanya saja kita masukkan sakura sakurazuke ke dalam air panas. Nama minuman “teh” yang terbuat dari bunga sakura ini disebut dengan sakurayu. Minuman ini karena bentuknya yang indah dan menarik sering dihidangkan pada acara resmi, seperti pesta perkawinan.

  1. Melambangkan Kerapuhan dan Kecantikan Yang SingkatImage result for bunga sakura rontok

Sebagai bunga yang memiliki masa mekar sangat singkat, yaitu sekitar setengah bulan sejak bunga mulai mekar hingga layu, sakura memiliki beberapa makna khusus dan filosofi mendalam bagi masyarakat Jepang. Bunga kehidupan ini bermakna perpisahan ketika mulai berguguran diterpa angin. Tiada yang abadi. Saat ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kecantikan bunga sakura melambangkan kegembiraan dan kesedihan. Kegembiraan karena kecantikannya membuat hati senang, tidak ada orang yang tidak senang melihat hamparan keindahan yang tersuguh dengan luasnya. Dinilai cepat mekar, tapi cepat pula gugurnya. Namun meski begitu, bunga sakura yang sudah berguguran dan terhampar di bawah pohonnya menjadi pemandangan yang tak kalah indah. Karena bunganya tidak tahan lama, bunga sakura juga merupakan simbol dari kerapuhan dan kecantikan yang berumur singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *