Sun. Sep 22nd, 2019

Hong Kong adalah salah satu surga belanja di dunia, kenapa bisa demikian? Karena Hong Kong menerapkan kebijakan bebas pajak belanja untuk barang-barang yang masuk dan dijual di sana, sehingga kebijakan ini membuat harga jual barangnya jadi lebih murah dibanding negara lain. Mulai dari barang tak bermerek berkualitas baik namun harganya murah, hingga merek-merek fancy internasional dengan harga yang tak terbayangkan, tersedia di Hong Kong. Ketika berbelanja di Hongkong,  anda membutuhkan pengetahuan khusus karena memang sangat menantang. Berikut ini kami punya tips-tips yang bisa anda coba ketika berbelanja di Hongkong.

  1. Menyiapkan Dollar Hongkong dari Indonesia

Tips yang pertama adalah jangan lupa untuk menyiapkan Dollar Hongkong ya. Ketika akan menukarkan uang Dolaar disarankan untuk menukarkannya jauh-jauh hari karena nilai mata uang dollar sangatlah fruktuatif. Ketika menukarkan uang janganlah menukarkan di bandara atau di negara langsungnya, lebih baik anda menukarkannya langsung dari Indonesia karena kemungkinan harga dollar akan lebih tinggi jika ditukarkan langsung pada bandara atau negara asalnya. Jangan lupa juga untuk membawa uang rupiah ya, karena membawa Rupiah sebagai cadangan uang saat di Hongkong bisa sangat membantu di saat-saat mendesak, lho.

  1. Memilih Tempat yang Tepat

Hongkong memiliki banyak pusat perbelanjaan, agar  wisata belanja lebih menyenangkan sebaiknya anda menentukan tempat-tempat yang akan dikunjungi, terutama yang memang menjual barang yang anda cari dan inginkan. Bagi yang baru pertama kali belanja ke Hongkong, ada baiknya untuk melakukan riset dahulu mengenai tempat-tempat yang menjadi surga belanja. Hal ini dilakukan untuk menghindari anda salah memilih tempat, bisa jadi anda malah datang ke tempat yang menjual barang-barang dengan harga yang sangat mahal dan tidak bisa ditawar. Misalnya, harga barang di Ladies Market cukup murah dan kamu bisa menawarnya. Berbeda dengan Harbour City yang menjadi pusat perbelanjaan untuk kelas menengah ke atas.

  1. Membawa Kamus dan Kalkulator

Ketika berbelanja di Hong Kong pasti anda takut dengan masalah bahasa bukan? Nah untuk menghindari kebingungan karena kendala bahasa anda bisa membawa kamus ya. Jika tidak ingin ribet dengan membawa kamus anda bisa menggunakan kamus elektronik yang bisa ada download dari handphone anda. Jangan lupa juga untuk mempelajari beberapa kosa kata yang berkaitan dengan belanja seperti bertanya soal harga juga merupakan tips persiapan wisata belanja ke Hongkong yang baik.  Tidak hanya kamus saja yang penting disipakan, tetapi hal lainnya yang harus anda persiapkan adalah kalkulator, anda juga bisa menggunakan aplikasi kalkulator yang tersedia di handphone  anda. Kalkulator juga bisa mempermudah anda menghitung harga dalam rupiah sehingga  bisa menilai apakah barang belanjaan tersebut terlalu mahal atau sudah murah.

  1. Jangan Lupa untuk Menawar

Layaknya berbelanja di Pasar, anda bisa melakukan tawar-menawar ketika berbelanja di Hong Kong. Tips belanja murah di Hongkong paling penting adalah jangan segan-segan untuk menawar harga saat berbelanja untuk pastikan kamu mendapatkan harga terbaik, dengan keberainan menawar harga anda bisa maksimalkan petualangan belanja murah di Hongkong. “Kemampuan” menawar akan sangat menuntungkan kamu ketika berbelanja di Hong Kong. Bahkan, ada yang bilang anda harus sedikit “kejam” ketika berbelanja. Tawar-menawar memang hal yang biasa dilakukan di toko-toko di Hong Kong, kecuali di mall. Anda tidak perlu ragu menawar, walaupun pada awalnya ada saja penjual yang kesal atau marah ketika dagangannya ditawar terlalu murah, tetapi hal itu akan membuahkan hasil dimana anda bisa mendapatkan harga lebih murah.

  1. Perhatikan Kulaitas Produk dan Jangan Asal Beli

Saat berbelanja di Hongkong banyak sekali beberapa hal yang harus anda perhatikan, mulai dari kualitas produk, garansi produk bahkan keaslian produk untuk yang berbahan kulit.  Jika anda membeli barang dengan bahan produk kulit jangan lupa teliti terlebih dahulu ya.Produk kulit dengan merek terkenal, seperti Louis Vuitton atau Gucci bisa anda temukan dengan potongan harga yang lumayan. Tapi jangan langsung kalap membelinya, karena jika tidak teliti, kamu beresiko membeli barang yang tidak sempurna. Selain barang dengan kulit yang harus diteliti sebelum membeli, anda juga harus teliti ya ketika akan membeli jam tangan di Hong Kong. Pasalnya, tidak semua jam tangan yang dijual asli. Parahnya, kadang jam tangan palsu dibanderol harga tinggi sehingga anda tidak curiga. Agar tidak tertipu, pastikan toko yang kamu datangi sudah mencantumkan label harga di jam. Jangan lupa periksa juga kelengkapan surat serta garansi pada barang yang anda beli. Periksalah dengan teliti apakah barang yang kamu beli sudah dilengkapi kartu garansi berstempel. Perhatikan pula nomor seri, tanggal pembuatan, dan alamat toko sesuai dengan yang tertera di kartu garansi.

  1. Jangan Memotret Barang Dagangan

Tips yang terakhir adalah, ketika berbelanja di Hong Kong jangan sembarangan memfoto barang dagangan ya. Walaupun tidak semua pemilik toko melarang tetapi anda tetap harus menghindari hal ini. Ya, kalau ketahuan mengambil foto, siap-siap saja anda akan terkena omelan si pedagang ya. Jadi, sebaiknya anda menahan diri untuk mengambil foto.

Sudah siapkah untuk belanja di Hongkong? Tetap hati-hati ya dalam membawa barang bawaan anda ketika sedng berbelanja, Selamat Berlibur sambil belanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *