Sun. Sep 22nd, 2019

Selain kuliner, ternyata Korea Selatan juga memiliki minuman khas yang beraneka ragam. Korea Selatan dikenal dengan soju yang merupakan minuman beralkohol khas negeri ginseng tersebut. Namun, sebagai negara Asia Timur seperti China dan Jepang, Korea Selatan juga memiliki teh tradisional khas negaranya sendiri. Korea Selatan Juga dikenal memiliki berbagai macam minuman teh dengan cita rasa yang berbeda setiap jenisnya. Teh di Korea adalah jenis minuman Korea yang diistilahkan dengan cha (차;茶).  Berikut ini beberapa jenis teh yang ada di Korea Selatan dan menjadi favorit bagi warga Korea.

  1. Corn TeaCorn Tea

Teh jagung (Corn Tea) telah menjadi minuman sehat yang begitu digemari di Korea. Tidak hanya baik untuk pengontrol gula darah dan menu diet bebas kafein, tetapi juga memiliki rasa sedikit manis.  Corn tea alias teh jagung adalah teh yang dibuat dari jagung kering atau biji jagung bakar. Menariknya, teh jagung dijual dengan banyak tipe biji, celup, dan cair. Konon banyak mengkonsumsi teh jagung tidak hanya untuk kesehatan tapi juga bisa mengecilkan rahang dan membentuk rahang kebentuk v-line. Oleh karena itu, teh jagung bisa dikonsumsi oleh kalangan dari berbagai usia.

  1. Yuja ChaRelated image

Bila biasanya kita hanya meminum teh celup atau teh hijau yang dijual di pasaran, mungkin teh Yuja (yujacha)  khas Korea ini bisa menjadi ‘teman’ baru untuk menghangatkan badan.  Yuja sendiri adalah buah asli dari Korea, buah ini adalah buah dalam golongan citrus. Memang bentuknya mirip seperti lemon atau jeruk namun yuja mempunyai kulit yang lebih tebal. Yuja cha adalah teh yang sangat unik, kenapa demikian? Sebab teh satu ini ditambahkan sirup atau sitrun dalam penyajiannya. Selain ditambahkan sitrun, dalam beberapa kesempatan ditambahkan madu. Selain rasanya yang enak saat diminum, teh yuja cukup digemari masyarakat Korea karena memiliki banyak vitamin C dan asam sitrat sehingga sangat membantu untuk mencegah flu, mengatasi kelelahan, dan menghilangkan kemabukan.

  1. Nok ChaRelated image

Tak ingin ketinggal oleh Jepang, ternyata Korea memiliki minuman tradisional yang berbahan dasar dari teh hijau, namanya adalah nok cha. Teh ini merupakan minuman tradisional dan sekaligus merupakan obat di Korea Selatan. Nok Cha menjadi salah satu minuman yang paling sering dinikmati baik di rumah juga di kedai-kedai teh. Nok Cha adalah minuman tradisional lezat yang dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Teh celup Nok Cha bahkan sangat menyegarkan jika diminum pada musim panas. Selain digunakan sebagai minuman, nyatanya nokcha banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan memasak. Hal ini sebenarnya tidaklah heran, sebab nokcha mampu menetralisir racun, menambah warna hijau sayuran dan menetralisir bau daging. Nok Cha juga banyak digunakan dalam pembuatan kue kering, bingsu dan es krim untuk meningkatkan rasa dan warna. Bahkan orang Korea juga menggunakan teh hijau untuk tujuan kevantikan seperti digunakan untuk mandi dan Nok Cha pun bisa dimanfaatkan sebagai masker dengan cara mencampurkan yoghurt dengan bubuk teh hijau.

  1. Omija TeaImage result for omija Cha korea

Di Korea Selatan, buah omija dapat dengan mudahnya kamu temukan di daerah Mungyeong.  Omija merupakan buah berbentuk seperti berry yang memiliki lima kombinasi rasa. “O” berarti lima, “mi” berarti rasa, dan “ja” berarti buah, yang berarti dalam satu buah omija kamu dapat merasakan lima rasa; manis, asin, pahit, asam, dan pedas. Omija tea memiliki arti yang unik yaitu “five flavor tea”. Ada sebuah keunikan dalam penyajian teh omija, jika disajikan kala musim semi tiba, teh ini diberi tambahan garnish berupa kelopak azaela, namun selama musim panas, penyajian teh yang satu ini disajikan dengan garnish berupa kelopak bunga mawar kuning. Seperti kebanyakan jenis teh Korea lainnya, omija tea juga diberi hiasan berupa tiga biji kacang pinus.  Berbeda dari teh pada umumnya, omija-cha dibuat dari buah omija yang sudah dikeringkan. Buah kering tersebut kemudian direbus bersama air dengan temperatur panas rendah hingga berubah warna.

  1. Saenggang ChaImage result for Saenggang Cha korea

Saenggang cha (생강차)  adalah minuman teh yang terbuat dari akar jahe. Saenggang Cha merupakan minuman yang dikenal sebagai teh jahe di korea. Ketika meminum minuman ini mungkin yang terlintas di benak anda adalah salah satu minuman dari indonesia, bisa menebak?? ya, Wedang Jahe, minuman ini sangat mirip dengan wedang jahe di indonesia. Biasanya Saenggangcha ini paling cocok untuk di seduh pada saat musim dingin, karena memang salah satu manfaatnya adalah menghangatkan tubuh. Setelah minum minuman yang terbuat dari jahe ini sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar.Berbeda halnya dengan minuman yang terbuat dari jahe lainnya, saenggang mempergunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Teh ini dihargai sekitah Rp.250.000 per 2kg.

  1. Mogwa ChaImage result for Mogwa Cha korea

Teh khas korea paling enak yang berikutnya adalah Mogwacha, pastinya merupakan jenis teh yang populer di Korea lho teman-teman. Mogwacha ini merupakan teh yang di buat dengan bahan dasar buah quince, kalau di Indonesia buah quince ini masih satu jenis dengan buah pir dan juga buah apel.  Akan tetapi buah quince ini mempunyai rasa yang pahit, jadi buah quince lebih cocok jika di gunakan sebagai campuran dari teh.  Teh ini bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan. Nah jika anda berkesempatan mengunjungi Korea, jangan lupa untuk membeli minuman tradisional unik ini. Bisa didapatkan di Dawon di Kyungin Museum of Fine Art. Selain dapat dinikmati langsung, anda juga dapat membawanya pulang dalam bentuk kemasan boxs , unutk 4 boxs pembelian dihargai Rp.400.000 an.

  1. Daechu ChaImage result for Daechu Cha korea

Minuman teh satu ini berasal dari jojoba kering atau kurma asli Korea. Di Korea, buah yang satu ini identik dengan buah musim gugur. Teh ini berwarna merah gelap dan berasa gurih. Kaya akan zat besi, teh ini bermanfaat untuk mengurangi gangguan anemia dan rasa capek. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan kaya rasa bila direbus dalam waktu yang lama. Teh ini dapat membantu untuk memperlambat proses penuaan dini, menenangkan saraf, mengurangi stres dan sulit tidur. Umumnya, teh ini disajikan pada acara besar. Selalu menjadi sajian dalam tradisi pernikahan tradisional di Korea. Daechu cha dikenal pula dengan sebutan date tea. Jadi jika Anda sedang berlibur di Korea bersama orang terkasih jangan lupa mencicipi minuman Korea yang satu ini.

Demikian beberapa macam minuman teh khas korea yang dapat ditemukan di korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *