Sun. Sep 22nd, 2019

Image result for melaka river cruiseMelaka atau Malaka merupakan salah satu kota di Malaysia yang bangunan kuno bekas penjajahan masih berdiri. Perjalanan dari Kuala Lumpur Malaysia menuju Melaka dapat ditempuh selama 2 jam dengan menggunakan bus. Banyak tempat wisata di Melaka yang unik dan menarik. Keterikatan sejarah dengan Nusantara sangat kuat disini. Salah satu daya tarik utama wisata Melaka adalah sungai Melaka yang kini bersih dan rapi. Padahal jika kalian tahu, beberapa tahun lalu pada awal 2000-an, sungai ini masih kotor dan bau. Air limbah rumah tangga masih bercampur. Melaka River Cruise ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang paling dicari oleh pengunjung kota ini. Anda akan melewati jembatan, bangunan yang dicat warna-warni dan dipenuhi oleh gambar mural serta toko-toko kuno dan dengan menaiki perahu ini, Anda dapat mengenal sejarah dan budaya Melaka melalui pemandangan yang ditawarkan.

Image result for melaka river cruiseMelaka River Cruise dimulai dari Spice Garden Jetty. Di titik yang paling ujung ini anda akan melihat dari kejauhan bangunan yang menjadi ikon Melaka yaitu Stadthuys. Bangunan berwarna merah ini merupakan satu-satunya bangunan yang dibangun Belanda di kota Melaka, walaupun sebenarnya Belanda menguasai kota ini dari tahun 1641 hingga 1795.  Stadthuys yang lebih dikenal dengan nama Red Building ini dibangun Belanda di bekas benteng Portugis, dengan konsep dan gaya arsitektur yang mirip dengan Stadhuis, sebuah bangunan yang ada di Frisian Town of Hoorn di Belanda. Sungai ini memiliki peranan yang sangat penting terutama untuk mencukupi air bagi warga perkotaan. Di sebelah kiri dan kanan sungai ini Anda akan menemukan kawasan perkotaan, pemukiman penduduk, kuburan, areal bisnis, pelabuhan dan lainnya.

Related imageMelaka River Cruise akan membawa Anda menelusuri keindahan dan kemenawanan sepanjang sungai ini sejauh 6 km dengan perjalanan kapal ini menempuh waktu selama 45 menit. Ketika tengah berada di kapal mewah di atas Sungai Melaka itu maka Anda dapat menikmati pemandangan bangunan dan rumah toko yang menjadi peninggalan di era Belanda. Selain bangunan bergaya Belanda tadi, di sepanjang sungai kita juga bisa melihat bangunan-bangunan hasil akulturasi budaya Melayu dengan Tiongkok, yang dikenal dengan nama budaya Cina Peranakan. Cruise atau kapal yang akan membawa kamu menyusuri sungai Melaka ini dimulai dari Taman Rempah dan berakhir di muara sungai, atau anda bisa mencoba rute sebaliknya. Perahu atau kapal biasa dibanderol dengan RM10 untuk dewasa dan RM5 untuk anak-anak. Sedangkan perahu khusus Anda mesti mengeluarkan budget RM20 untuk dewasa dan RM10 untuk anak-anak. Wisata menyusuri sungai ini buka mulai pukul 9 pagi hingga jam 12 malam. Pemandangan akan semakin menarik ketika malam hari menjelang dimana lampu-lampu kota begitu semarak. Transformasi lampu-lampu yang berkilau dari kawasan Jembatan Hang Jebat dan Jembatan Hang Tuah memberikan impresi tersendiri yang tak terlupakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *