Sun. Sep 22nd, 2019

Buat anda yang ingin berlibur ke Jepang dan baru pertama kali akan berlibur ke Negeri Sakura ini jangan lupa ya untuk mempelajari dan mengetahui beberapa hal sebelum berkunjung ke Jepang. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah kapan waktu terbaik berkunjung ke Jepang.  Rencana berlibur ke Jepang pasti sudah dipertimbangkan ingin menikmati dan mengunjungi tempat liburan seperti apa. Memilih waktu yang tepat ketika berlibur ke Jepang juga perlu diperhatikan yah, karena Jepang memiliki 4 Musim dan tujuan untuk mencari waktu yang tepat ini juga berhubungan dengan perlengkapan yang akan anda bawa serta tempat-tempat wisata yang cocok dikunjungi ketika di Jepang. Oleh karena itu, apabila pengunjung ingin berjalan jalan ke Jepang, jangan lupa untuk mempertimbangkan musim yang sedang terjadi. Nah, berikut ini adalah  beberapa waktu terbaik wisata ke Jepang yang bisa anda jadikan pegangan untuk membuat itinerary ke Jepang.

  1. Saat Musim Semi (Maret-Mei)Image result for MUSIM SEMI  jepang

Jika Anda ingin melihat bunga sakura mekar, maka pilih liburan ke Jepang pada Maret dan April. Bunga sakura bakal mekar di akhir Maret sampai awal April. Meski tiket pesawat ke Jepang jadi mahal, tapi sangat worth it untuk datang ke Jepang saat musim semi. Cuaca juga bagus, tidak  terlalu panas dan nggak terlalu dingin. Namun, anda harus memerhatikan jadwal mekar bunga sakura di destinasi wisata Jepang yang dituju karena waktu mekar bunga sakura tidak  sama setiap wilayah di Jepang. Kota-kota yang bisa dikunjungi untuk melihat bunga sakura seperti Tokyo, Kyoto dan Osaka. Kota itu penuh dengan bunga sakura yang mekar. Pada musim ini merupakan puncaknya kunjungan wisatawan asing ke berbagai destinasi wisata di Jepang sepanjang satu tahun. Jadi, jangan heran apabila tiket pesawat juga mematok harga yang melambung.

  1. Saat Musim Panas (Juni-Agustus)Image result for FESTIVAL MUSIM PANAS  jepang

Sepanjang musim panas di Jepang wisatawan akan disuguhi berbagai festival budaya yang begitu menarik. Festival budaya di tiap daerah memiliki keunikannya masing-masing sehingga wisatawan bisa menemukan pengalaman yang berbeda-beda di setiap festival yang disaksikan. Jika anda berencana untuk berwisata ke Jepang saat musim panas, sangat disarankan untuk mengecek jadwal festival yang ada di kota tujuan wisata anda. Meskipun banyak festival musim panas namun cuacanya panas banget. Cuaca panas di bulan Juli dan Agustus ini membuat negara ini tidak cocok dikunjungi di bulan-bulan tersebut. Pasalnya beberapa kali terjadi cuaca ekstrem yang menewaskan puluhan orang. Tetapi, hal ini tidak menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjungi Jepang saat musim panas, selain banyaknya festival yang diadakan, anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Fuji dari dekat selama musim panas di Jepang.  Pada Bulan Juli hingga awal September rute untuk pendakian Gunung Fuji akan dibuka, oleh sebab itu banyak wisatawan yang berkunjung pada bulan tersebut untuk menyaksikkan keindahan Gunung Fuji dan untuk melakukan pendakian.

  1. Saat Musim Gugur (September-November)Image result for MUSIM GUGUR  jepang

Jika anda  ingin melihat Jepang dengan wajah yang berbeda dan lebih cantik tentunya, anda bisa datang saat musim gugur! Ini adalah saat yang tepat untuk momijigari atau hunting daun momiji yang berubah warna. Dedaunan berubah warna menjadi kuning, merah dan jingga. Musim ini begitu cantik dan tenang, wisatawan bisa mendapatkan berbagai spot-spot menarik untuk diabadikan dan mengunjungi wisata-wisata alam dengan pemandangan yang begitu indah. Pada saat berkunjung ke Jepang ketika musim gugur, anda akan merasakan udara dan suhu yang benar-benar sejuk, tidak begitu dingin dan tidak terlalu panas. Namun yang paling penting adalah tiket pesawat ke Jepang pada saat musim gugur akan lebih murah daripada musim lainnya. Jika anda berwisata di musim gugur, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan momijigari. Berbeda dengan musim semi, dimana bunga Sakura mekar lebih dulu di wilayah Selatan (seperti Okinawa) dan berujung di Utara (Hokkaido), maka perubahan warna daun akan terjadi lebih dulu di Hokkaido.

  1. Saat Musim Dingin (Desember-Maret)Image result for MUSIM DINGIN  jepang

Jika anda ingin menikmati musim dingin dan melihat salju, anda bisa datang pada bulan Desermber hingga awal Maret, namun Januari dan Februari jadi pilihan yang tepat. Tapi tidak direkomendasikan buat anda liburan ke Jepang. Pasalnya harus bawa banyak persediaan pakaian dingin dan bakal menambah beban barang bawaan.  Tetapi pada musim ini akan lebih banyak wisatwan Indonesia yang memilih untuk berkunjung ke Jepang. Bagi orang Indonesia, salju tentu menjadi daya tarik tersendiri. Asal bisa ketemu salju, pasti sudah cukup puas, kan?  Apabila wisatawan ingin menikmati liburan musim dingin terbaik di Jepang rencanakan destinasi ke tempat-tempat bermain ski, misalnya kota Nagano yang trekenal sebagai salah satu tuan rumah Olimpiade musim dingin. Wilayah Jepang bagian utara meliputi pulau Hokkaido dan sekitarnya serta daerah pegunungan di bagian tengah Pulau Honshu bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat musim dingin. Ketika berkunjung saat musim dingin, jangan lupa ya untuk membawa pakaian yang tebal agar anda tidak kedinginan ketika berlibur.

Bagaimana apakah anda sudah menentukkan pilihan untuk datang pada musim apa? Pastikan untuk memilih waktu yang tepat sesuai dengan destinasi yang ingin dikunjungi. Jangan lupa sesuaikan dengan budget dan kondisi musimnya juga. Selamat Berlibur

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *