Thu. Oct 24th, 2019

Saat ini berlibur ke Luar Negeri sudah menjadi hal yang biasa. Banyak warga Indonesia yang melakukan perjalanan lintas negara, baik itu untuk liburan, studi, atau bekerja. Bagi anda yang baru pertama kali ke luar negeri, perlu diketahui ada beberapa aturan hidup yang berlaku di setiap negara. Meskipun beberapa peraturan ada yang terdengar sangat aneh, tetapi jangan sampai anda melanggarnya, berikut beberapa peraturan yang wajib anda patuhi ketika berlibur ke Luar Negeri.

  1. Dilarang Memotret SembaranganImage result for dilarang memotret sembarangan

Ketika anda sedang berlibur ke Luar Negeri hendaknya jangan suka memotret ataupun selfie sembarangan ya, ada beberapa negara yang melarang warga atau para wisatawan memotret sembarangan. Misalnya di Jepang, Korea Selatan bhakan Thailand. Jika Anda ingin mengambil foto atau foto bersama, baiknya Anda harus ijin terlebih dahulu ya. Nah, jika anda liburan ke Thailand, jangan sesekali anda berfoto sambil memegang bir atau jenis alkohol lainnya lalu mengunggahnya ke media sosial. Kalau melanggarnya, siap-siap deh membayar denda sebesar $6.000 atau hukuman satu tahun penjara. Selain itu, ketika anda mengunjungi tempat wisata di Luar negeri jangan lupa juga untuk memperhatikan apakah ada larangan memfoto ditempat tersebut. Bahkan, dibeberapa negara seperti Jepang juga ada larangan berfoto di dalam subway. Jadi jangan sampai memfoto sembarangan ya disuatu tempat ketika berlibur ke Luar Negeri.

  1. Dilarang Memberikan Tip di Korea SelatanImage result for dilarang memberikan tip

Mungkin dibeberapa negara bahkan di Indonesia ketika memberikan tip kepada pelayan adalah hal yang biasa, namun tahukah anda jika di Korea Selatan hal ini dilarang. Di sana orang Korea Selatan sudah diberi gaji yang cukup dan mereka menganggap bahwa uang tip menunjukan rasa kasihan customer kepada diri mereka. Pemberian tip menandakan bahwa anda  memandang rendah si pelayan tersebut. Jika anda salah mengambil tindakan bisa-bisa mereka tersinggung lho. Hati-hati ya!

  1. Permen Karet dan Rokok adalah Ilegal di SingapuraImage result for dilarang mengunyah permen karet

Beberapa penelitian bahkan menurut beberapa ahli kesehatan mengunyah permen karet sangat baik bagi kesehatan mulut bahkan juga baik untuk membantu kinerja otak hingga kesehatan mental. Tetapi, tahukah anda bahwa di Singapura makan permen karet dilarang bahkan ilegal. Pemerintah Singapura sendiri memberlakukan peraturan berupa larangan memakan permen karet demi terjaganya kebersihan lingkungan dengan denda sebesar $1000. Bahkan kalian juga gak boleh meludah sembarangan, membuang sampah sembarangan, dan makan minum selama di dalam kendaraan umum. Selain makan permen karet dianggal ilegal, ternyata merokok disana pun juga dianggap ilegal lho dan Anda tak bisa bebas melakukannya sembarangan. Di Singapura merokok hampir dilarang di semua tempat. Di antaranya halte bus, taman bermain, tempat parkir, bioskop, area gedung, bahkan club malam dan pub. Jika Anda melanggar, siap – siap untuk membayar $10.000.

  1. Menggunakan Eskalator di Jepang Ada AturannyaRelated image

Negara Jepang sebagai salah satu negara yang mengedepankan etika kesopanan, salah satunya dalam hal menggunakan eskalator. Di Jepang, sisi kiri dari Eskalator diperuntukkan bagi mereka yang tidak tergesa-gesa dan sedang dalam perjalanan santai. Mereka sengaja berbaris rapi memanjang di sisi kiri Eskalator, dan sisi kanan Eskalator sengaja dikosongkan untuk memudahkan mereka yang sedang tergesa-gesa. Sementara jika kalian sedang berada di Hokkaido, Kyoto, Fukuoka, atau di Yokohama, peraturan penggunaan eskalator ditetapkan secara terbalik, yakni; jalur kanan digunakan oleh orang yang sedang terburu-buru dan jalur kiri digunakan oleh orang yang sedang tidak terburu-buru. Biarpun Aturan Menggunakan Eskalator Di Jepang tidak resmi, bukan berarti Anda oleh seenaknya sendiri Ya.

  1. Dilarang Membawa dan Menggunakan Inhaler di JepangRelated image

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki aturan ketat terhadap obat-obatan. Penggunaan atau kepemilikan obat yang mengandung pseudoephedrine seperti Sudafed dan Vicks Inhaler dilarang di Jepang. Obat penghilang rasa sakit yang mengandung codeine juga dilarang di Jepang, jadi pastikan untuk tidak membawanya saat memasuki negara ini. Inhaler termasuk dalam barang terlarang kerana mengandungi Pseudoephedrine. Pseudoephedrine dalam kuantiti yang banyak adalah komponen bagi dadah terlarang methamphetamine. Obat-obatan yang mengandung codein juga dilarang dan hendaknya tidak Anda bawa ketika mengunjungi Jepang.

  1. Jangan Membawa atau Nge-Vape di ThailandImage result for nge vape

Bagi para perokok, nampaknya tak asing lagi dengan namanya vape atau rokok elektrik. Penggunaan vape ini dilarang oleh Pemerintah Thailand karena tergolong barang terlarang di Thailand.  Turis dilarang membawa vaporizer (vape) dalam jenis apa pun ke Thailand. Negara ini juga membuat larangan merokok di 24 pantai di 15 provinsi, termasuk di beberapa tujuan wisata paling populer seperti Phuket, Koh Samui, dan Krabi, dalam upaya untuk melindungi lingkungan pesisirnya. Barang-barang ini biasanya akan disita dan Anda bisa didenda atau dipenjara hingga 10 tahun jika terbukti melanggar.

  1. Dilarang Membeli Minuman Keras saat Siang Hari di ThailandAturan Travellig

Negara Thailand memang dikenal dengan dunia malamnya, bahkan minum-minuman keras di Thailand tidah dilarang. Tetapi, tahukah anda jika di Thailand memiliki aturan waktu dalam membeli minuman keras disana. Di Thailand terdapat aturan di mana Anda hanya diizinkan untuk membeli minunman beralkohol hanya pukul 11.00-14.00 dan juga pukul 17.00 sampai tengah malam. Di luar jam tersebut, ilegal hukumnya membeli minuman beralkohol. Risiko lainnya adalah mendapat hukuman penjara hingga dua tahun. Jadi, jika Anda menginginkan sedikit minuman beralkohol, hendaknya jangan beli di siang hari, bisa – bisa berurusan bengan Polisi.

Nah itulah tadi beberapa aturan yang harus anda patuhi ketika berlibur ke Luar Negeri. Jangan lupa juga untuk melakukan riset bagaimana budaya dan aturan yang ada di negara yang akan anda kunjungi supaya tidak salah dalam tindakan. Selamat Berlibur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *